Laki-Laki Bernama Sukiman yang Minum Cerebrovit

Musim ulangan ni. UAS lebih tepatnya. Untungnya hari-hari belakangan ini udah nggak diisi lagi sama pelajaran2 maut menggoyang otak umat manusia. Mulai dari sekarang cuman tinggal Penjaskes, TIK, ma try out, udah deh.

Gw akui, gw emang bukan orang yang pinter. Mungkin cukup pinter buat nyadar kalo gw ga pinter. Tapi ga cukup pinter buat maksa diri gw sendiri buat belajar. Padahal, dua hari lalu, berurutan ulangannya adl ulangan yang “super”. Hhe.. Walhasil, gw make metode belajar pamungkas yang paling ampuh: metode bimbingan pengharapan. Dibimbing sama intuisi, berharap ndak remidi. Hhe…

Seperti yang terjadi pas gw mau ulangan sejarah. Sumpah, gw bner2 males belajar. Bukan cm karena ga punya bukunya, tp jg karena ngantuk. Akhirnya, gw cm baca bbrp kata-kata, melihta-lihat angka2 tahun sebuah kejadian, merasa bosan, trus nonton tipi.

Ketika tiba hari eksekusi, gw cm bs ngeliatin lembaran soal dgn cemas, merasa tidak mengerti, menghela napas panjang, & membiarkan tangan gw membentuk bulatan hitam kayak eek cicak di LJK. Dengan berbagai daya upaya, gw mencoba tetep survive. Gw pun mulai berpikir logis. Pas ada soal tentang peristiwa penting pd masa kabinet Sukiman, gw mulai berpikir keras. Gw liat pilihan jawabannya satu-persatu, berharap ada satu pilihan yang tiba-tiba bersinar terang. Ternyata ga ada. Tp ada satu jawaban yg memancing gw. Yaitu peristiwa Tanjung Morawa tentang tanah perkebunan. Entah kenapa tiba2 ada org nyalain bohlam di atas kepala gw. Wah, tanah perkebunan ya, berarti ada hubungannya sama yang berbau kampung-kampung gitu dong, nah, cocok tuh sm nama Sukiman yg terdengar …. (maaf ya pak.. piss –v). Dan gw pilihlah jawaban itu.

Ternyata metode pemikiran logis non-realistis tsb masih harus gw pake dihari berikutnya. Biologi. Wajar sih, secara malem sebelumnya gw ga belajar sama sekali, cm liat2 soal tahun lalu, trus merasa sangat dilecehkan karena ga ada yg gw ngerti, ya udah gw tidur. kalo ga salah sih jam 1/2 8an gitu. Besoknya, ternyata gak banyak yg bs diharapkan dr temen2 gw. Walhasil, gw pun kembali melakukan metode yg gw sebut sebelumnya.
Pertama, tentang Cerebrum, cerebellum, & Medulla. Jadi, ceritanya ada org yg mabok krn alkohol, nah pertama, dy susah ngomong, trus, susah jalan, trus, susah napas. Bagian apa yg diserang sm alkohol, sesuai urutan. Gw mencoba menarik suatu informasi dr pilihan jawaban yg ada. Ya cuma 3 itu: Cerebrum, Cerebellum, & Medulla. Cerebrum, terdengar agak gak asing. dan yg langsung muncul di kepala gw adl Cerebrovit, suplemen itu loh. Cerebrovit kan multivitamin, yg jelas ga ada hubungannya sm omong2an atau napas2an, berarti jalan2an. Berarti Cerebrum ada di urutan kedua, sisanya ngikut dah…

Berikutnya adl hormon. Yg berkaitan dgn testosteron. Apa ya itu testosteron. Testos, testis, laki-laki. Kebetulan di pilihannya ada LH. L pasti buat laki-laki, & H buat hormon. Selanjutnya, terisilah satu bulatan di LJK gw. Sisanya, gw mendapatkan bimbingan2 ghaib. Yg bikin gw takut, gw gak bnr2 tw bimbingan itu dtg dari Tuhan atau setan, & gw ga tau mana yg kasih bimbingan lebih banyak. Dengan segala kekuatan iman & takwa, gw berharap Tuhan lebih kasihan ke gw drpd setan yg pengin jatuhin gw.

Pas gw udah selese ngerjain biologi, masih ada waktu sampe bel bunyi, & gw liat ga ada yg berhasrat ngumpulin duluan. Gw pun nggambar gadis kecil yg jalan2 di malem hari (bodoh bgt sih tuh gadis kecil) dan dikepung sama penjahat & srigala dari dua arah di lembar soal. Belum sempet gw bikin lanjutannya, Pak Hamdi udah beraksi ngumpulin lembaran2 penuh kenangan itu.. (*)